Jumat, 30 Januari 2009

Istilah Perangkat Komputer

<Home> - <kembali>

  • Driver berarti penggerak atau bisa juga disebut sebagai pengendali perangkat, driver dapat mengeksekusi perintah yang ada didalam system komputer kita dimana dapat berkomunikasi dengan pengendali (adapter) yang ada di perangkat keras (Hardware) dan menunggu operasi atau proses yang dilakukan perangkat selesai.
  • Firmware dalam istilah baku berarti "perangkat tegar" atau disebut juga dengan "piranti tegar" maksudnya adalah program yang dapat disisipkan ke dalam "PROM - (Programmable Read-Only Memory)" untuk dapat menjadi salah satu komponen tetap dalam piranti komputer kita, contohnya printer dan modem.
  • Web Browser Dikenal juga dengan istilah browser, atau peselancar, atau internet browser. Adalah suatu program komputer yang menyediakan fasilitas untuk membaca halaman web di suatu komputer. Dua program web browser yang cukup populer saat ini adalah Microsoft Internet Explorer dan Mozilla. Program browser pertama adalah Mosaic, yang merupakan suatu text browser, yang sekarang web browser telah berkembang ke dalam bentuk multimedia.
  • Internet merupakan Singkatan dari "Interconnection Networking". The network of the networks. Diartikan sebagai "a global network of computer networks" atau sebuah jaringan komputer dalam skala global/mendunia. Jaringan komputer ini berskala internasional yang dapat membuat masing-masing komputer saling berkomunikasi. Network ini membentuk jaringan "inter-koneksi (Inter-connected network)" yang terhubung melalui "protokol TCP/IP". Dikembangkan dan diuji coba pertama kali pada tahun 1969 oleh US "Department of Defense" dalam proyek "ARPAnet". dalam dapat membentuk sesuatu
  • Intranet merupakan sebuah organisasi (biasanya perusahaan) yang dilengkapi dengan sebuah atau beberapa web server untuk keperluan organisasi tersebut. Web server digunakan untuk keperluan sehari-hari yang sifatnya internal seperti untuk menyipan memo, market survey, dan lain sebagainya. Biasanya akses ke web server ini hanya dapat dilakukan dari dalam karena dilindungi oleh sebuah firewall.
    Sebuah jaringan privat dengan sistem dan hirarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya digunakan secara internal.

tunggu update istilah selanjutnya........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar